Tuesday, December 23, 2014

Khasiat Bunga Teratai


Mengenal Jenis Manfaat Dan Makna Bunga Teratai
Teratai atau Nymphaea yaitu nama genus untuk tanaman air yang berasal dari suku Nymphaeaceae. Dalam bhs Inggris di kenal untuk water-lily atau waterlily. Sedangkan negara Indonesia sendiri teratai juga dipakai untuk menyebutkan tanaman dari genus Nelumbo lotus. Pada zaman dahulu kala, orang orang memanglah kerap mencampuradukkan pada tanaman genus Nelumbo seperti seroja dengan genus Nymphaea teratai. Pada Nelumbo, bunga ada diatas permukaan air namum tidak mengapung, yang kelopaknya bersemu merah teratai berwarna putih sampai kuning, bentuk daun berupa lingkaran penuh serta rimpangnya umum dikonsumsi.

Tanaman teratai tumbuh diatas permukaan air yang tenang. Bunga serta daun ada di permukaan air yang keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang ada didalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau kawasan rawa rawa. Tangkainya terdapat di tengah-tengah daun. Daun berupa bundar atau wujud oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tak memiliki kandungan susunan lilin hingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membuat butiran air. 
Bunga ada pada tangkai yang disebut perpanjangan dari rimpang. Yang berdiameter bunga pada 5-10 cm. Teratai terbagi dalam kurang lebih 50 spesies yang menyebar dari lokasi tropis sampai daerah subtropis seluruh belahan bumi. sedangkan jenis teratai yang tumbuh di daerah tropis berasal dari Mesir.



Berikut adalah khasiat bunga teratai dan cara pengolahannya:

1. Batuk berdarah
Ambillah rimpang teratai seperlunya, bersihkan hingga bersih, lalu potong-potong sekedarnya lalu kita buat juice, sampai terkumpul 1 gelas 250 cc, minumlah sekaligus.

2. Darah tinggi
Ambillah 10 gram biji teratai serta 15 gram tunas biji teratai (lien sim), lalu ke-2 bahan itu rebus dengan 350 cc air sampai mendidih serta airnya menyusut jadi 200 cc. Minum tiap-tiap hari seperti dikala minum teh atau kopi.

3. Obat disentri
Ambillah 50 gram rimpang teratai serta 10 gram jahe, bersihkan hingga bersih, buat juice lewat cara diblender lalu imbuhkan air 100 cc, setelah itu di rebus hingga mendidih, sesudah dingin imbuhkan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata lalu minum.

4. Obat mimisan
Ruas akar teratai dicuci hingga bersih setelah itu kita blender, ambillah airnya. teteskan air ramuan itu kehidung.

5. Obat diare
Ambillah 50 gram rimpang teratai serta 15 gram jahe, buat juice ke-2 bahan itu, lalu minum tiga kali satu hari.

0 comments:

Post a Comment